5 Cara Agar Sayuran Tidak Berubah Warna Setelah Dimasak

5 Cara Agar Sayuran Tidak Berubah Warna Setelah Dimasak

Duniabola99 – Ketika makan sesuatu, sebagian besar dari kita tentu akan melihat penampilan makanan tersebut. Semakin baik dan meyakinkan tampilan makanan yang ada di depan kita, semakin tertarik lah kita akan makanan tersebut. Ini juga berlaku untuk tampilan sayur. Semakin baik tampilannya saat disajikan, warnanya masih hijau segar meski telah dimasak sampai matang, semakin kita akan menyukai sayuran tersebut.

Untuk mendapatkan tampilan sayur yang menarik, sebenarnya ini tidak sulit. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi dapatkan sayuran tetap hijau atau warnanya tidak berubah banyak setelah dimasak. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

Pilih Sayuran Segar dan Baru
Pastikan untuk memilih sayuran yang segar dan masih baru dipetik. Sayur yang masih segar akan tampak segar maski telah dimasak. Sayuran yang masih segar juga memiliki rasa, aroma serta nutrisi yang baik pula. Segera masak sayur yang baru dipetik. Hindari menyimpan sayur terlalu lama di lemari es atau di tempat terbuka.

Masukkan Sayur Saat Air Mendidih
Untuk merebus sayur atau memasak sayur, pastikan untuk memasukkan sayur ke panci atau tempat masak setelah air benar-benar mendidih. Air yang benar-benar mendidih akan membuat sayur lebih cepat matang. Ini juga akan membuat warna sayur awet hijau atau tidak terlalu berubah.

Tambahkan Garam
Usahakan untuk menambahkan garam pada air untuk memasak sayur. Fungsi garam di sini adalah untuk membuat sayur cepat layu dan matang. Ini juga bisa membuat warna sayur tetap hijau segar meski telah dimasak. Tidak perlu banyak-banyak garam yang dimasukkan ke sayur, cukup seujung sendok atau sejumput saja.

Waktu Memasak Jangan Terlalu Lama
Pastikan agar memasak sayur tidak terlalu lama. Sayur yang dimasak terlalu lama akan lembek dan warnanya berubah. Untuk memasak sayur, waktu yang diperlukan cukup 2 sampai 3 menit. Tidak lebih dari itu, apalagi jika sayurnya masih muda dan mudah matang seperti halnya sayur sawi atau bayam.

Segera Tiriskan Sayur
Setelah sayur matang, segera tiriskan sayur. Tuang sayur ke wadah saringan. Setelah itu, siram dengan air es atau air dingin yang matang agar sayur bisa segera dikonsumsi karena telah dingin.

Well ladies, itulah cara agar sayuran tidak berubah warna meski sudah dimasak. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba cara ini dan semoga bermanfaat.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.