Apakah Garis-garis Putih pada Daging Ikan Salmon Aman Dimakan?

Apakah Garis-garis Putih pada Daging Ikan Salmon Aman Dimakan?

Duniabola99 - Pada irisan fillet salmon biasanya terlihat garis-garis putih seperti lemak. Apakah garis putih ini lemak dan aman dimakan langsung?

Konsumsi ikan salmon terus meningkat seiring kepopuleran sushi di dunia. Selain dagingnya yang lembut, ikan salmon termasuk jenis ikan laut yang sehat. Namun, pernahkah Anda perhatikan adanya garis berwarna putih yang seringkali terlihat pada potongan ikan tersebut?

Jangan khawatir, zat putih tersebut tidak berbahaya untuk kesehatan, Anda tidak akan keracunan ketika memakannya. Lalu zat putih apa yang terdapat pada ikan salmon?

Dilansir dari Fox News (08/08) zat putih tersebut bernama albumin. Albumin adalah cairan protein yang terdapat pada ikan mentah. Cairan itu berubah menggumpal ketika ikan salmon dimasak baik dalam oven, wajan, maupun pemanggang. Gumpalan albumin tersebut terlihat berwarna putih dengan tekstur yang licin dan berlendir.

Tapi, terkadang albumin tersebut tidak terlihat pada permukaan daging. Itu tergantung cara Anda memasak. Semakin lama dimasak, semakin terlihat pula albumin pada permukaan ikan. Sama seperti ketika Anda memeras handuk basah. Air akan keluar saat handuk diperas dengan kuat.

Begitu pula dengan masak ikan salmon. Daging ikan salmon akan berkontraksi saat dimasak. Semakin cepat daging berkontaksi, semakin banyak pula albumin yang terlihat di permukaan.

Cairan protein itu selalu ada dalam potongan salmon. Supaya tidak begitu terlihat, lakukan 3 cara ini. Pertama, masak salmon Anda pada suhu rendah dengan waktu yang lama, untuk menghasilkan potongan ikan yang lembut dan mengurangi munculnya albumin.

Kedua, jika ikan dibakar, letakkan ikan dengan sisi kulit di bawah untuk melindungi ikan dari logam panas. Jika Anda ingin melepas kulit ikan, masak sisi kulit ikan itu hingga 90%, lalu matikan api, kemudian balikikan sehingga sisi tanpa kulit juga ikut matang.

Ketiga, jangan masak salmon terlalu lama, karena salmon yang terlalu matang akan membuat albumin semakin terlihat. Cukup tusuk daging salmon dengan garpu, apabila lapisan dagingnya mudah terpisah dan tampak lembab, maka daging siap diangkat.

Jadi, jangan masak salmon terlalu matang, meskipun albumin tidak membahayakan kesehatan Anda, tetapi tetap saja membuat tampilan ikan kurang bagus.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.