Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas dan Nggak Bau

Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas dan Nggak Bau

Duniabola99 - Minyak goreng masih terbilang aman dipakai jika kondisinya jernih dan tidak kotor. Idealnya minyak goreng cukup dipakai dua sampai tiga kali. Minyak goreng bekas pun masih bisa dijernihkan kembali dan dihilangkan baunya untuk dipakai lagi.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjernihkan minyak goreng bekas. Yuk, kita simak infonya di sini biar bisa langsung dicoba di rumah.

Menjernihkan Minyak Bekas dengan Mengendapkannya Semalam

Cara ini bisa dilakukan untuk minyak yang habis digunakan untuk menggoreng bahan makanan bertepung. Setelah dipakai, diamkan dulu minyak selama semalaman. Nanti sisa tepung akan mengendap. Bagian minyak yang masih jernih di atasnya ini nanti bisa digunakan kembali

Menjernihkan Minyak dengan Menggunakan Nasi yang Dikepal

Sudah tahu kalau nasi juga bisa bisa digunakan untuk membantu menjernihkan kembali minyak goreng bekas? Caranya pun mudah. Setelah selesai menggoreng dengan menggunakan minyak tersebut, ambil segenggam nasi. Lalu bulatkan atau kepalkan nasi tersebut sampai padat. Lalu, masukan nasi ke dalam minyak penggorengan yang masih dalam keadaan panas. Bolak-balik dan tekan-tekan nasi tersebut sampai semua remah atau kotoran yang ada pada minyak bekas yang tertinggal menempel pada nasi. Nantinya, minyak bisa kembali jernih untuk digunakan kembali.

Menjernihkan Minyak dengan Menggunakan Arang Kayu

Arang kayu punya sifat yang bisa menyerap kotoran dan residu. Bisa dimanfaatkan juga untuk menjernikan minyak goreng bekas. Caranya, haluskan arang kayu secukupnya dengan ditumbuk sampai jadi serbuk. Kemudian, masukkan dua genggam serbuk arang kayu untuk 1 liter minyak jelantah. Aduk merata dan tunggu hingga warna minyak lebih terang jernih. Saring minyak berisi arang kayu dan minyak yang jernih bisa kembali digunakan.

Menghilangkan Bau pada Minyak Goreng Bekas

Minyak bekas menggoreng ikan atau telur mungkin akan meninggalkan bau. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan serai. Caranya, panaskan minyak lalu masukkan beberapa batang serai yang telah dimemarkan. Biarkan beberapa saat sampai serai layu, nanti minyak goreng akan berkurang baunya dan bisa dipakai kembali untuk menggoreng bahan makanan lainnya.

Cukup mudah kan tipsnya? Semoga bermanfaat ya ladies. Sekarang sudah bisa lebih semangat untuk membuat aneka olahan dan hidangan yang lezat.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.