Ini 8 Ramalan Nostradamus yang Dianggap Jitu, Fakta atau Mitos?

Ini 8 Ramalan Nostradamus yang Dianggap Jitu, Fakta atau Mitos?

Duniabola99 - Nama Michel de Nostredame alias Nostradamus dianggap terkait dengan prediksi masa depan. Meski pernah membuat kumpulan resep masakan, pria kelahiran Saint-Remy-de-Provence, Prancis itu terkenal dengan buku ramalan berjudul The Prophecies atau Les Propheties, pada 1555.

Dalam buku itu, ada lebih dari seribu quatrain atau sajak 4 seuntai--yang terdiri atas empat baris--dalam bahasa Prancis, yang diyakini oleh mereka yang percaya, bisa meramalkan kejadian-kejadian yang akan datang.

Status sebagai apoteker dan ahli astrologi Abad ke-16 yang konon bisa melihat masa depan memungkinkan Nostradamus dekat sekaligus perlindungan dari Catherine de Medici, ratu Prancis.

Bintang Nostradamus tak lantas meredup meski nyawanya berpisah dari raga pada 1566. Karya-karyanya terus menarik pengikut yang mengaitkannya dengan sejumlah peristiwa menggemparkan dalam sejarah manusia, seperti kebangkitan Adolf Hitler dan serangan teror 9/11.

Namun, seperti halnya horoskop, ramalan itu sendiri cenderung tidak jelas, yang menuai interpretasi beragam.

Meski belum ada bukti sahih, karya-karya Nostradamus dianggap meramalkan sejumlah kejadian. Demikian 8 di antaranya seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (10/7/2018):

1. Kematian Tragis Raja Prancis Henry II of France Raja Henry II dari Prancis.

Sajak Nostradamus dianggap meramalkan hal ini: Pada musim panas 1559, Raja Prancis King Henry II berduel melawan Gabriel, Comte de Montgomery yang usianya enam tahun lebih muda.

Duel dilakukan dalam turnamen untuk menyambut pernikahan putri sang raja.

Dalam lintasan terakhir mereka, tombak Montgomery miring ke atas, menerobos pelindung kepala raja dan menusuk matanya, demikian diungkap On the Death of Henry II.

Dalam Journal of Neurosurgery, Kamilah Dowling dan James Goodrich menuliskan, meski berdarah-darah, sang raja masih sadar. Ia bahkan bisa berjalan beberapa langkah meski terhuyung-huyung.

Namun, pecahan maya tombak memasuki mata, tenggorokan dan pelipis. Meski tabib kerajaan bersusah payah menyelamatkan sang raja, upaya itu tak berhasil. Henry II mengalami sakit tak terperi, kejang, dan lumpuh sebagian. Ia meninggal dalam kondisi merana 11 hari kemudian.

Sekilas ramalan tersebut akurat. Namun, menurut Nostradamus: The Illustrated Prophecies, kebenaran prediksi itu diragukan. Sebab, sajak itu tak ada dalam buku karya Nostradamus, kemungkinan baru ditambahkan belakangan pada 1614.

2. Kebakaran Besar London

Konon, itu ada kaitannya dengan momentum kejadian yakni pada 2 September 1666.

Namun, kebakaran tersebut tak dipicu sambaran petir --melainkan percikan api di toko roti Thomas Farriner di Pudding Lane pada musim panas yang terik dan kering.

Tewasnya korban dari kalangan petani dan kelas menengah tidak tercatat kala itu. Namun, menurut Smithsonian Magazine, bisa jadi korban tewas mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang.

Terkait 'sekte yang sama' (same sect) dalam sajak tersebut dikaitkan dengan umat Katolik dan bangsa Belanda -- yang dituduh sebagai pelaku pembakaran dan menjadi sasaran persekusi.

Sementara, istilah 'ancient lady' dianggap mewakili London. Meski demikian, itu adalah ramalan paling lemah yang dikaitkan dengan Nostradamus.

3. Revolusi Prancis

Dimulai dengan penyerbuan Penjara Bastille pada 1789, Revolusi Prancis pecah, monarki terguling, republik baru terbentuk.

Third Estate, kalangan rakyat kebanyakan, mengambil alih kekuasaan di Paris dan mengajukan tuntutan pada para kaum ningrat.

Revolusi berdarah pun terjadi. Para bangsawan, juga rakyat biasa, yang dianggap pengkhianat dipenggal dengan pisau guillotine.

Menurut Britannica, sebanyak 17.000 orang dieksekusi di tengah Reign of Teror, sementara 10.000 lainnya ditahan. Angka tersebut mewakili semua korban berdirinya republik pertama di Prancis, bukan hanya dari kalangan aristokrat.

4. Louis Pasteur

Prediksi ini dianggap berkaitan dengan ilmuwan Louis Pasteur -- kata 'pasteur' dalam Bahasa Prancis bisa diartikan sebagai 'pastor' atau 'gembala'.

Louis Pasteur berhasil menemukan cara mencegah pembusukan dengan cara pesteurisasi. Pelopor mikrobiologi tersebut juga menemukan vaksin rabies.

Penemuan Pasteur telah menyelamatkan jutaan nyawa.

5. Adolf Hitler

Pada 20 April 1889, Adolf Hitler lahir di Austria, Eropa Barat. Orangtuanya berasal dari kelas menengah, bukan dari kalangan yang bergelimang harta.

Hitler naik tampuk kekuasaan, salah satu sebabnya adalah kepiawaiannya berpidato. Ia bahkan memicu Perang Dunia II dengan mengerahkan pasukan untuk menginvasi Polandia.

Sejumlah pendukung Nostradamus menyebut, kata Hister dalam sajak adalah penyebutan yang salah untuk Hitler.

Namun, dalam Bahasa Latin, Hister berarti Danube -- sungai kedua terpanjang di Eropa.

6. Bom Hiroshima dan Nagasaki

Pada awal Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom, Little Boy dan Fat Boy, ke Nagasaki dan Hiroshima.

Dua kota tersebut luluh lantak. Mereka yang berhasil lolos dari maut menderita akibat radiasi.

Pascaperang, Jepang juga mengalami krisis kekurangan pangan.

7. Pembunuhan John F Kennedy dan Robert Kennedy

Sajak itu dianggap meramalkan nasib John F Kennedy. Ia menerima serangkaian ancaman pembunuhan (petisi) selama masa pemerintahannya sebagai Presiden AS.

Saat berkunjung ke Dallas pada 22 November 1963, Kennedy tewas ditembak. Kematiannya menggegerkan seantero dunia dan menjadi duka rakyatnya.

Adiknya, Bobby Kennedy juga tewas ditembak lepas tengah malam pada 5 Juni 1968.

Namun, konflik di Reims dan London, serba wabah di Tuscany sama sekali tak ada kaitannya dengan kematian dua Kennedy.

8. Teror 9/11

Pada pagi hari tanggal 11 September 2001, dua menara (dua batu besar) World Trade Center di New York City runtuh setelah teroris Al Qaeda menabrakkan dua pesawat penumpang yang dibajaknya ke sana.

Namun, prediksi Nostradamus tentang "api dari pusat Bumi" tidak terhubung dengan apa pun yang berkaitan dengan teror 9/11.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.