Ini Cara Bikin Sambal Cibiuk yang Sedap dan Segar

Ini Cara Bikin Sambal Cibiuk yang Sedap dan Segar

Duniabola99 – Sambal sederhana menjadi ciri khas sambal di daerah Jawa Barat. Salah satunya sambal dari Cibiuk, Garut yang rasanya pedas, asam dan segar.

Membuat sambal tidak sulit asalkan bahan-bahannya segar dan dipilih yang terbaik, tentu rasanya enak. Seperti sambal dari kecamatan Cibiuk, Garut yang tersohor enak.

Bahan utamanya cabe rawit hijau atau cabe rawit merah atau cabe merah. Untuk meracik sambal Cibiuk yang enak, perhatikan beberapa hal penting ini.

1. Cabe rawit hijau
Cabe rawit merupakan bahan utama, pilih yang segar dan cukup tua. Jangan mencampur cabe tua dan muda agar aromanya tidak langu. Buang tangkai cabe dan cuci bersih lalu tiriskan.

2. Tomat hijau
Tomat hijau yang renyah, asam segar dan banyak air jadi campuran sambal ini. Pilih tomat hijau yang mulus, hijau merata dan keras. Hindari memakai tomat yang cacat atau berlubang. Buang tangkainya dan cuci bersih lalu iris kasar.

3. Bawang dan kencur
Untuk meracik sambal ini perlu disiapkan, 20 buah cabe rawit merah, 2 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 1/2 cm kencur, 1/2 sdt gula pasir dan 1/2 sdt garam dan 5 buah tomat hijau.

4. Tumbuk cabe
Tumbuk atau gerus cabe rawit hijau bersama gula dan garam hingga berair dan menjadi serpihan agak kasar. Tambahkan bawnag merah dan bawang putih serta kencur, gerus hingga tercampur rata dan agak halus.

Terakhir, masukkan tomat hijau yang diiris kasar, tumbuk atau gerus hingga jadi memaran kasar. Jangan terlalu halus, karena ciri khas sambal ini agak kasar teksturnya. Jika suka bisa disajikan dengan dau kemangi.

**Baca Juga: **

10 Meme 'Mbak Beli Ayam' yang Ngeselin Campur Ngakak  Justin Bieber Mesra Sama Hailey Baldwin, Inikah Pesan Dari Selena Gomez?

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.