Ini Pentingnya Konsumsi Susu Khusus Kehamilan bagi Calon Ibu

Ini Pentingnya Konsumsi Susu Khusus Kehamilan bagi Calon Ibu

Duniabola99 - Beberapa dokter tidak melarang konsumsi susu biasa bagi calon ibu, asalkan tetap mengandung nutrisi yang sesuai dan tepat. Bahkan dokter kandungan juga menyarankan calon ibu untuk mengonsumsi suplemen.

Namun apakah dengan mengonsumsi susu biasa dan suplemen kehamilan bisa memenuhi seluruh nutrisi makro dan mikro yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil?

Head of Medical Kalbe Nutritionals, d.r Muliaman Mansyur, mengungkapkan susu cair biasanya bisa dikonsumsi oleh semua orang karena hanya berisi kandungan sedikit protein, gula, lemak, serta beberapa vitamin dan mineral.

"Jadi bukan diperuntukan khusus untuk wanita hamil. Sedangkan susu ibu hamil memang diperuntukkan untuk wanita hamil dan kandungannya sudah disesuaikan untuk wanita hamil dan menyusui," ujar dr. Muliaman

Penambahan suplemen terutama nutrisi mikro vitamin dan mineral biasanya sering diberikan oleh dokter karena dokter belum yakin konsumsi atau asupan harian ibu hamil belum lengkap. Sebab, selain makanan sehat menu seimbang, tidak ada sumber lain selengkap susu yang mengandung nutrisi makro dan nutrisi mikro.

"Pada kondisi hamil, ada beberapa nutrisi yang kebtuhannya meningkat seperti nutrisi makro 250 hingga 300 kcal, zat besi untuk mencegah anemia dan pendarahan, folat untuk mencegah cacad syaraf bayi, kalsium buat tulang ibu dan janin, serta DHA untuk pertumbuhan otak bayi. Itu semua ada dan dibantu pemenuhannya pada susu ibu hamil," paparnya.

dr. Muliaman juga menekankan banyak sekali dampak yang terjadi jika wanita kekurangan nutrisi saat persiapan hamil dan menyusui. Pada masa persiapan, ibu hamil yangkekurangan nutrisi atau zat tertentu bisa mengalami anemia, KEK (Kurang Energi Kronik) pendarahan selama kehamilan.

Sementara itu, bayi bisa mengalami kecacatan syaraf jika kekurangan folat, bayi lahir kecil, dan bahkan bisa terjadi prematur jika kekurangan nutrisi makro.

"Kalau susu cair biasa umumnya rendah protein, kalorinya tidak sesuai kebutuhan ibu hamil, rendah folat, rendah zat besi, dan rendah kalsium, dan tidak ada DHA jika dibanding susu ibu hamil," jelasnya.

Maka susu khusus kehamilan sangatlah penting dikonsumsi bagi calon ibu seperti Prenagen yang memiliki nutrisi lengkap dan seimbang.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.