Tak Asal Potong, Memotong Sayuran Ada 4 Jenisnya

Tak Asal Potong, Memotong Sayuran Ada 4 Jenisnya

Duniabola99 – Cara memotong sayuran juga ada jenisnya. Penting diketahui saat memasak. Mulai dari potong korek api sampai iris halus!

Memiliki kemampuan memotong sayuran bisa menyingkat waktu memasak. Sebelum mahir membuat beragam potongan, pelajari dulu jenis-jenis dasar potongan sayuran. Hal ini akan sangat berguna saat Anda mempelajari resep.

1. Potong korek api

Saat membaca resep, Anda akan sering menemui istilah iris korek api. Hal ini merujuk pada julienne, salah satu irisan gaya Prancis. Yang perlu dilakukan adalah mengiris sayuran memanjang mirip batang korek api. Biasanya jenis sayuran yang dipotong seperti ini adalah wortel, paprika atau kentang. Panjangnnya kira-kira 4 cm dengan diameter 1-2 mm. Biasanya hasil irisan korek api dipakai untuk garnish.

2. Potong dadu

Mengiris sayuran dalam bentuk dadu juga kerap diperlukan. Ada ukuran kecil dan besar. Untuk ukuran kecil biasanya ketebalannya hanya 3 mm. Untuk irisan dadu besar namanya macedoine dalam istilah memotong Prancis. Ketebalannya sekitar 6 mm. Jenis potongan ini cocok untuk membuat sup sayur atau salad buah.

Ada pula iris dadu sangat kecil, namanya brunoise. Sayuran yang sudah diiris memanjang kemudian dipotong-potong kembali hingga menghasilkan potongan dadu kecil. Potongan ini sering dimanfaatkan untuk membuat isian makanan atau ragout.

3. Iris halus atau kasar

Shredded merujuk pada irisan halus berbentuk memanjang. Biasanya untuk sayuran hijau, kol, bawang dan selada. Pertama daun dipisahkan dari batang atau bonggolnya terlebiih dahulu. Lalu daun ditumpuk dan digulung bersamaan, diiris dengan ukuran yang sama dengan bentuk tipis-tipis. Bisa juga diiris dengan teknik yang sama hanya saja lebih lebar untuk mendapatkan hasil irisan kasar.

4. Cincang

Cincang atau minced tidak memiliki bentuk pasti dengan ukuran spesifik. Hasilnya bisa cincangan halus atau kasar. Cincang kasar berarti sayuran dipotong tak beraturan dengan ukuran masih agak besar. Sementara cincang halus biasanya dipakai pada bawang putih untuk keperluan menumis atau bumbu perendam. Sebelumnya, bawang putih dimemarkan (ditumbuk dengan sisi pisau) dahulu untuk mempermudah proses cincang.

**Baca Juga: **

Jijik! Hobi Kencing Di Dalam Lift, Pria Ini Didenda Rp156 Juta
Unik, Bunga Bangkai Tumbuh Di Pekarangan Di Restoran Ini

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.