Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Tepat Memilih dan Menyimpan Alpukat

Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Tepat Memilih dan Menyimpan Alpukat

Duniabola99 - Kamu penggemar alpukat? Atau suka mengolah alpukat menjadi aneka camilan dan minuman? Alpukat kaya akan nutrisi penting bagi tubuh, tidak salah jika buah ini banyak diminati. Nah, jika tidak pandai memilih seringkali kamu membeli alpukat yang masih mentah. Sementara kita sering merasa tidak nyaman dengan rasa pahit dari buah alpukat yang masih mentah.

Memilih Alpukat yang Baik

Agar tidak salah memilih buah alpukat, sebaiknya pilih buah alpukat yang sudah matang. Di bawah ini adalah cara untuk memilih alpukat yang sudah matang.

1. Mengecek kematangan dapat dilakukan dengan cara berikut: Genggam alpukat dan perlahan tekan menggunakan telapak tangan. Alpukat yang matang akan terasa lembut tetapi tidak mengandung terlalu banyak air. Jika masih terasa keras, tandanya alpukat perlu waktu beberapa hari lagi untuk matang.
2. Alpukat yang mengkilap dengan kulit yang halus menunjukkan alpukat masih belum matang. Jika ingin alpukat yang siap makan, pilih alpukat dengan kulit yang keriput.
3. Untuk jenis California, warna alpukat yang matang adalah hijau tua atau hitam keunguan. Sementara, jenis Florida punya warna hijau muda dengan sedikit gurat kekuningan.
4. Hindari memilih alpukat yang terlalu empuk, bernoda gelap, bintik-bintik coklat, penyok dan memar karena ini adalah tanda-tanda alpukat yang telah rusak.

Menyimpan Alpukat dengan Baik

Ada berbagai cara untuk menyimpan buah alpukat. Tentu kamu ingin menyimpan buah alpukat dengan benar dan tahan lama.

1. Sebaiknya konsumsi buah alpukat yang sudah diiris sesegera mungkin. Alpukat yang sudah diiris kaya akan lemak sehingga rentan terhadap degenerasi bakteri.
2. Jika kamu berniat menyimpan alpukat yang sudah dihaluskan, simpan dalam wadah membuat es batu lalu bekukan dalam freezer. Kamu dapat mengonsumsinya setelah dicairkan. Cara ini akan membuat alpukat lebih awet disimpan.
3. Untuk menyimpan alpukat yang tidak habis dimakan, cukup manfaatkan air jeruk nipis. Peras jeruk nipis di atas daging alpukat, masukkan alpukat ke dalam plastik dan bungkus rapat. Dengan begini alpukat akan tetap segar setidaknya hingga 2 hari. Tips ini juga bisa digunakan untuk alpukat yang sudah dipotong-potong atau dijus, tambahkan saja sedikit sari jeruk nipis agar warnanya tidak berubah kehitaman.

Bagaimana ladies? sudah siap untuk menyimpan alpukat dengan tepat di rumah? Semoga tips ini bermanfaat ya.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.